Rabu, 12 November 2014

Merawat Gitar Listrik

Gitar listrik berbeda dengan gitar klasik, selain harganya yang lebih mahal cara perawatannya pun sedikit berbeda. Tentunya perawatan penting untuk menjaga ketahanan gitar anda, dan mengurangi alokasi budget anda untuk membeli gitar listrik yang baru. Jika anda adalah seorang yang cukup telaten, merawat gtar listrik bukanlah kegiatan yang sulit untuk dilakukan.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan untuk merawat gitar anda? Yang paling penting sebenarnya adalah menjaga kebersihannya baik dari debu maupun keringat ana sendiri. Karena itu penting sekali untuk langsung membersihkan gitar sesaat setelah digunakan. Bersihkan gitar anda dengan kain halus dan cairan khusus.

Bersihkan senar supaya tidak cepat berkarat, karena sekecil apapun kotoran yang menempel disenar gitar dapat menimbulkan karat. Kemudian harus diingat juga untuk selalu menyimpan gitar ditempat kering dan hindari dari sinar matahari langsung. Bersihkan dengan rutin potensio (putaran volume) dan switch up dengan cairan anti karat agar tetap berfungsi normal.

Jika gitar tidak akan digunakan untuk jangka waktu lamam sebaiknya kendorkan senar gitar untk mencegah terjadinya pengkaratam. Jangan letakkan gitar dilantai atau digantung, hindari juga membersihkan gitar dengan alkohol. Sebab berpotensi merusak senar dan body gitar.
Bila ada salah satu senar yang rusak atau berkarat segera ganti dengan yang baru.

Sebab pegkaratan pada satu senar dapat menular atau memberikan efek domino pada senar lainnya. Apabila gitar sudah mulai bermasalah, seperti neck telah bengkok, drier macet, segera bawa ke benkel gitar agar ditangani oleh ahlinya. Tapi jika terus-terusan bermasalah sebaiknya beli gitar baru saja. Mungkin kerusakan yang anda alami muncul karena usia gitar anda memang sudah tua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar