Kamis, 08 September 2016

Tips belajar drum untuk yang berusia senja

Usia bukanlah hambatan untuk kita belajar termasuk drum. Belajar drum memang identik dengan ekspresif dan usia muda tapi bukan berarti mereka yang berusia diatas 30tahun tidak punya kesempatan untuk bisa menguasai instrumen perkusi satu ini. Tinggal beli drum dan berlatih dengan tekun maka setua apapun usia kita masih tetap bisa piawai memainkan drum.

Tapi tentunya kepiawaian bermain drum tersebut hanya akan didapat jika anda berlatih dengan tepat. Nah dibawah ini saya akan paparkan tips berlatih drum yang tepat untuk anda individu yang tak lagi muda:


a.      Pelan-pelan saja

Mengingat usia yang tak lagi muda dan kebugaran yang tak lagi prima maka sangat tidak mungkin memaksa diri memainkan musik-musik bertempo cepat semacam heavy dan metal. Mulailah latihan anda pelan-pelan dengan juga memainkan musik pelan seperti pop.

Jangan terburu-buru untuk meningkatkan tempo sebelum anda menguasai sebuah lagu dengan tempo lamban. Yakinlah jika permainan pelan anda tersebut benar dilakukan maka saat menaikkan tempo tak akan ada kesulitan berarti yang akan dihadapi.

b.      Mulailah dengan jazz

Bagi anda yang belajar drum diusia senja saya sarankan untuk mempelajari jazz terlebih dulu karena sangat berperan membantu mengenal tempo permainan. Setelah jazz kemudian anda bisa mempelajari klasik maupun rock yang sedikit lebih rumit dan jika memiliki energi prima bisa dilanjutkan untuk belajar metal.

c.       Hindari double pedal

Meskipun anda merasa memiliki kebugaran luar biasa namun usia tidak pernah berbohong. Hindari permainan drum yang melibatkan double pedal karena berpotensi membuat kaki renta anda cedera. Sebaiknya pilih single pedal saja dan mainkan lagu-lagu melow saja yang lebih bersahabat dengan kondisi tubuh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar