Kamis, 17 September 2015

Inilah Penyebab Suara Musikmu Terdengar Tidak Enak

Sebuah lagu yang baik dimulai dengan campuran yang baik. Campuran yang baik diperlukan sebelum menguasai apapun yang dilakukan di atasnya. Suara yang membosankan biasanya dipengaruhi oleh berbagai sebab diantaranya eq, kompresi, penyebaran stereo, saturasi dan volume. Karena setiap suara dalam campuran berbeda maka dibutuhkan pula pengolahan yang berbeda-beda. Frekuensi tumpang tindih merupakan salah satu penyebab suara terdengar membosankan.

Karena semua suara adalah bentuk gelombang, ketika dua (atau lebih) bentuk gelombang berbenturan mereka dapat saling mematikan satu sama lain (dikenal sebagai interferensi destruktif). Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan memperhitungkan frekuensi suara dan posisi spasial. Misalnya, saat membuat suara bass, tujuan dari pembentukan suara ini adalah untuk menghasilkan frekuensi rendah, oleh karena itu perlu frekuensi tidak lebih tinggi yakni sekitar 80-120 hz).

Jika kalian memiliki dua instrumen yang menempati rentang frekuensi yang sama, kalian dapat mengubah posisi spasial menggunakan panning dan teknik lainnya / alat. Ini semua membantu untuk menjaga suara tetap bersih dan tida terganggu satu sama lain sehingga semua suara bisa terdengar baik. Teknik ini menghindari kalian dari masalah terlalu banyak frekuensi yang tumpang tindih dan menyebabkan rusaknya suara.

Setelah campuran yang baik bisa dihasilkan kalian baru dapat berpikir untuk menambahkan hal-hal seperti kompresor dan pembatas dengan campuran keseluruhan (catatan: lebih sering daripada tidak kalian akan memiliki kompresor pada instrumen tertentu juga). Cara terbaik untuk melakukan hal iniadalah dengan hanya menggunakan telinga, tambahkan kompresor dan pastikan bunyinya terdengar baik. Beli keyboard dan latihlah diri kalian untuk melakukan pencampuran musik yang baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar