Selasa, 13 Oktober 2015

Tips menulis lagu berdasarkan ide judul

Menulis lagu bisa jadi merupakan aktifitas tersulit bagi seorang musisi, karena ketika mereka membuat lagu berarti otak harus sudah bisa membayangkan bagaimana bunyi itu akan terdengar. Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah mencari ide untuk membuat judul yang baik baru kemudian menariknya menjadi sebuah lirik yang sempurna. Jika cara ini yang dipilih, jangan lupa untuk memastikan bahwa semua poin yang membangun sebuah lirik dapat menunjang judul.

Hal ini dilakukan agar lagu yang terbentuk memiliki keselarasan dengan judul atau setidaknya mengurangi ketimpangan antara judul dengan lirik, sertakan juga sisi emosional agar lagu yang terdengar lebih bisa mengolah hati pendengar. Sementara pendengar mungkin tidak dapat memberitahu kalian mengapa sisi emosional bisa muncul, namun melalui ekspresinya kita bisa tahu bagaimana mengubah konten lagu atau lirik menjadi lebih emosional dan tulus.

Selain menulis berdasarkan ide judul, kalian bisa menyusun lagu terlebih dulu dari liriknya yang dinamakan konsep liris. Jika konsep ide judul kalian baru menuliskan lirik kemudian membubuhkan emosi, pada konsel liris yang terjadi justru sebaliknya. Yang harus dilakukan terlebih dulu adalah memancing emosi dan menggambarkannya dengan lirik, sementara untuk masalah judul biasanya tidak begitu harus tepat bahkan bisa bersebrangan dengan isi lagu namun masih tetap bisa mewakili keseluruhan lagu.

Ketika kalian menyusun lagu usahakan jangan menyusun lirik yang samar. Kalian harus ingat pembuatan konsep lagu bertujuan untuk membuat pendengar senang bukan malah mengakibatkan mereka bertanya-tanya ulang. Beli keyboard dan belajarlah mengembangkan kemampuan membuat lirik lagu. Jika kalian sudah asli sebuah cerita sederhana pun bisa dijadikan bahan lagu yang sangat emosional dan mengundang rasa ingin tahun pendengar. Setelah kedua teknik ini dikuasai rasanya tidak sulit lagi untuk menjadi seorang penulis lagu. Seiring dengan banyaknya pengalaman atau jam terbang kemampuan atau kualitas kalian dalam menciptakan lagupun akan meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar