Minggu, 06 November 2016

Macam Macam Stick Drum Yang Perlu Kita Ketahui

Stick drum merupakan salah satu kelengkapan dalam bermain alat musik drum. Kebanyakan stick terbuat dari material kayu, mulai dari kayu hickory, maple hingga oak. Ukurannya pun beragam dan beberapa di antaranya bisa dikustom. Macam macam stick drum akan dijelaskan di bawah ini. Pertama ada wooden tip drum sticks. Stick yang satu ini umumnya terbuat dari material kayu hickory, maple atau oak. Ujung stick akan dipakai sebagai standar stick drum. Keseluruhan stick terbuat dari kayu tersebut. Kedua ada nylon tip drum sticks. Ujung stick terbuat dari material nylon, yakni plastik keras serta bentuknya menyerupai manik-manik. Nylonnya sendiri merupakan sebuah potongan terpisah dari sticknya.

Apabila nylon stick dipukulkan maka akan menghasilkan suara tajam, terutama apabila dipukulkan ke cymbal.   Ujung stick juga awet serta tidak mudah pecah. Macam macam stick drum berikutnya ialah synthetic drum sticks. Stick ini terbuat dari material plastik, logam hingga serat carbon. Jenis bahan ini akan sangat mempengaruhi daya tahan serta berat stick. Cara paling efektif dalam memilih stick adalah dengan mencobanya. Kemudian ada lagi brushes, yakni stick yang bentuknya seperti sikat sehingga terkait erat dengan irama musik jazz. Stick terbuat dari material rangkaian kawat baja, walau ada pula yang terbuat dari plastik lembut.

Pemakaian stick brushes tidak dengan cara dipukulkan akan tetapi diseret agar menghasilkan suara unik. Berikutnya ada blastix dan multi rods. Stick ini dikenal pula sebagai hot rods karena terbuat dari material rangkaian batang kayu dengan diameter kecil ataupun plastik kecil yang diikat jadi satu. Stick akan digunakan untuk irama musik tenang namun dapat pula mengeluarkan suara keras. Hot rods umumnya juga merupakan perpaduan dari stick kayu serta stick sikat. Berikutnya ada timbale sticks yang berbentuk lebih tipis serta tidak memiliki bahu maupun kepala sehingga bentuknya silindris. Diameter stick sama dari ujung ke ujung serta bobotnya lebih ringan. Demikian adalah macam macam stick drum yang ada di pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar