Rabu, 07 Desember 2016

Tips agar kamu tetap fokus saat berlatih gitar

Banyak pemain gitar cenderung malas berlatih atau berhenti berlatih sama sekali setelah dihujani banyak kesibukan terutama pekerjaan. Mereka pun lupa saat-saat menyenangkan beli gitar dan memainkannya saat kali pertama. Mereka kadang memang masih bermain gitar namun sudah kadung menyerah untuk meningkatkan kualitas permainan.

Hal ini disebabkan karena fokus latihan yang tidak terjaga, konsistensi pun akhirnya menjadi hal yang sulit dilakukan. Padahal tanpa konsistensi dan pembiasaan diri biasanya seseorang akan lebih mudah meninggalkan aktifitas belajar gitar. So, saat kita tarik garis yang menyebabkan malas berlatih maka fokus adalah jawabnnya. Sehingga kini kita paham satu-satunya yang harus diperbaiki adalah fokusmu belajar gitar.

Nah, buat kamu yang mengalami hal serupa saatnya mengubah pola belajarmu supaya lebih efektif. Caranya? Bisa dengan mengaplikasikan tips-tips dibawah ini:

a.      Praktik secara offline

Ketika berlatih menggunakan buku nyata dan lembaran musik. Matikan komputer untuk menghindari berbagai gangguan yang bisa membuyarkan fokusmu. Jika perlu hindarilah segala bentuk gadget, karena dari sekian banyak benda hanya gadget yang paling memengaruhi fokusmu berlatih

b.      Tetapkan batasan latihan

Tetapkan batas dari 5, 10, 15 atau 30 menit untuk setiap bagian latihan. 5 menit untuk pemanasan, 10 menit berlatih akord, 20 menit untuk skala dan pola, 30 menit menyalin materi baru, 30 menit improvisasi, dll. Jangan menunda jadwal yang sudah ditetapkan karena berpotensi membuatmu malas. Jika sudah malas fokusmu juga ikut menghilang.

c.       Rencanalak dimalam sebelumnya

Rencanakan sesi latihan pada malam sebelumnya. Menetapkan waktu dan tempat latihan juga perlu. Tuliskan di selembar kertas tentang materi apa saja yang akan dipelajari dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempelajarinya.

http://id.yamaha.com/id/music_education/courses/teens_and_adults/guitar/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar